Senin, 10 Januari 2011

Merawat buku

"Buku Adalah Jendela Ilmu" kata kata ini sering kita dengar, bahkan sekarang sudah tidak aisng lagi. Buku adalah barang yang sangat berharga, karena dengan membaca buku, kita sadari atau tidak sadari, kita pasti mendapat beragam pengetahuan. Pengetahuan tersebut dapat berupa perbendaharaan kata, fakta unik yang jarang diketahui orang awam dan beberapa ciri para penulis menuliskan cerita bukunya. Sewaktu-waktu, pasti ada dari wawasan ini yang kita perlukan, entah dalam dunia kerja atau dalam pembuatan karya sendiri.
Tapi seringkali kita lupa seperti apa kondisi buku kita yang sudah kita baca sekarang? apakah mereka tergeletak begitu saja? mampukah kita merawatnya?. Tanpa kita sadari buku yang sudah kita baca sekarang juga sangat berguna bagi generasi kia selanjutnya. Buku adalah barang yang sangat berharga, di luar sana masih banyak orang yang tidak mampu membeli buku. Maka dari itu kita yang sudah memiliki buku harus merawatnya.Mungkin juga kita dapat berbagi ilmu kepada yang membutuhkan.

Tips Merawat Buku
  1. Lihatlah kondisi tempat penyimpanan buku. Pastikan tempat kita menyimpan buku tidak lembab dan terdapat sirkulasi udara yang cukup. Mungkin bisa ditambahkan jendela pada tempat peyimpanan buku sebagai tempat keluar masuknya udara.
  2. Meletakkan atau penataan dalam penyimpanan buku tidak sembarangan. Kalau bisa tempat meletakkan buku adalah tempat yang tidak bersentuhan atau dekat dengan lantai. Usahakan juga adalah tempat yang mudah di jangkau. Hal ini untuk menghindari kesulitan dalam mengambil buku dan pada akhirnya menimbulkan gesekan antara buku dan tempat penyimpan buku yang menimbulkan kerusakan.
  3. Posisi meletakkan buku sebaiknya berdiri dan berjajar ke samping. Posisi ini memungkinkan udara masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran. Jika posisi buku bertumpuk dikhawatirkan udara tidak bisa masuk dan mempercepat kelembaban.
  4. Letakkan penyedap atau kemper pada rak penyimpan buku untuk menghindari bau tidak sedap.
  5. Lakukanlah rotasi dalam meletakkan buku, seperti mengeluarkannya di meja belajar sebulan sekali, seperti halnya manusia buku juga memerlukan udara segar.
  6. Agar buku selalu dalam kondisi baik maka sampullah buku dengan rapi dan jika sampul buku sudah rusak perlu di ganti. Hal ini di lakukan untuk menghindari buku di serang debu, oya yang lebih efektif menyampul buku dengan menggunakan sampul plastik. 
By:Istining Dyah Nur'aini

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites