Senin, 24 Januari 2011

KESIAPAN SISWA MENGHADAPI “UAN”

Ujian Akhir Nasional, sepertinya adalah hajat paling besar yang dialami semua sekolah. Setiap sekolah melakukan banyak persiapan untuk menghadapi UAN. Mulai dari diadakan tambahan pelajaran dan tryout - tryout. Semua ini dilakukan demi meraih keberhasilan dalam kelulusan. Tidak hanya lulus 100% tetapi juga dengan hasil yang baik juga memuaskan.

Bagaimana dengan persiapan para siswa? Sekolah sudah melakukan banyak persiapan. Tapi siswa yang melaksanakan UAN juga telah menyiapkan baik otak, mental dan kesehatan. Siswa pastinya akan mengalami kekhawatiran dan resah. Tapi kekhawatiran itu tidak harus berlangsung lama, karena ditakutkan akan menimbulkan stres dan menimbulkan gangguan kesehatan ataupun psikologis yang akhirnya berdampak mengalami kegagalan melaksanakan UAN. Tapi sebaliknya Ujian Akhir Nasional tidak boleh dianggap enteng atau diremehkan begitu saja. Karena UAN adalah penentu! bayangkan saja setelah belajar dan menimba ilmu selama 3 tahun hanya akan diuji dalam hitungan hari.

Tapi tidak banyak oknum yang memanfaatkan Ujian Akhir Nasional sebagai tempat atau ajang untuk berbuat curang, seperti menjual kunci jawaban ataupun soal-soal UAN! semua itu dilakukan karena tidak ingin menanggung resiko apabila mengalami kegagalan dalam melaksanakan UAN, dan rela membayar berapapun demi "LULUS". Tapi sebaiknya kita tidak perlu percaya dengan kunci jawaban yang dijual. Karena belum tentu kebenarannya. Cara yang aman adalah kita harus belajar dengan serius dan kerjakan soal semampunya.

Mulai dari sekarang persiapkan diri kalian untuk menghadapi UAN. Agar meraih keberhasilan yang memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites