Kamis, 06 Oktober 2011

Awal Kesuksesan Sabagai Koordinator

Alhamdulilah hirobbil'alamin.
Kalau kata Syahrini, "Alhamdulilah ya.." hehehe

Saya sungguh bersyukur, karena awal saya bertugas sebagai Koordinator bisa terlaksana dengan baik. Terimakasih buat teman-teman anggota FOKMI Universitas Semarang angkatan 2011 karena dengan semangat teman teman semua, kegiatan kita dalam divisi wirausaha berjalan dengan lancar. TAKBIR!! ALLAHHU AKBAR :). Tak lupa juga terimakasih untuk kakak kakak senior krena gelah membantu dan membimbing dalam terlaksananya acara.

Awal dikasih tugas waktu itu sih, saya hanya berkata SIAP!! dan berpikir bagaimana agar tugas sebagai koordinator yang di berikan kepada saya dapat saya laksanakan dengan baik. Dalam Divisi Wirausaha ini kami FOKMI Universitas Semarang mengadakan penggalangan dana untuk masjid dan penambahan uang khas untuk acara-acara yang akan diadakan oleh FOKMI. Penggalangan dana ini berupa usaha menjual Es Kuwud di lingkungan kampus Universitas Semarang saat diadakan acara Wisuda Universitas pada tanggal 29 September 2011.

Persiapan yang dilakukan sebelum hari H terkesan membingungkan bagi saya. Tapi saya beranikan diri untuk bertanya kepada senior yaitu Mbak.Fitri yang akhirnya Saya dan Mbak.Fitri bekerjasama untuk menyukseskannya.

Rapat pertama sih oke saya hadir, sampai rapat yang ke 2 saya juga masih hadir untuk memastikan barang dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk berjualan Es Kuwud. Tapi untuk Panggilan ke 3 pada hari Rabu, saya tidak hadir, padahal disitu saya diminta untuk membicarakan pembelian bahan dan perbelanjaan apakah membutuh bantuan dri anggota FOKMI yang lain. Nah alasan saya tidak hadir itu sangat membuat saya merasa bersalah dan pesimis, apakah saya bisa menjalankan tugas dengan baik?. Alasannya adalah HP sedang saya silent, ditaruh di tas, dan saya sedang belajar kelompok untuk menyelesaikan tugas kelompok dari dosen. Setelah sekitar jam 4, saya baru membuka HP dan membaca ada 6 atau mungkin lebih pesan masuk yang meminta saya untuk hadir ke Masjid Agung USM. nah betapa takutnya saya, karna saya tidak memenuhi panggilan?.

Tapi disisi lain saya sudah agag tenang karena saya sudah membicarakan masalah perbelanjaan barang dan bahan yang akan dibutuhkan untuk berjualan dengan Mbak fitri. Sore pun tiba sekitar jam 5 saya kembali ke kampus untuk mengambil motor, yang kebetulan masih saya parkir di kampus. Saya smpatkan untuk melihat suasana masjid apakah masih ada orang disana Ternya "kebanyakan cowok" hah, karena takut saya tidak mencoba untuk masuk Masjid, tapi hanya sms ke nomor kakak senior yang meminta kehadiran saya. Yang bisa saya lakukan saat itu hnya menghubungi kakak senior lewat pesan, meminta maaf dan bertanya sekaligus menjelaskan bahwa masalah perbelanjaan sudah beres.
Saya bersyukur karena saya tidak kena marah, tapi saya takut jika nanti saya tidak dpercaya lagi untuk menjadi koordinator.
Hari Kamis pun datang dan saya berangkat pagi pagi untuk memenuhi tugas, membeli kelapa muda dan sampai kampus jam 7 lebih. Padahal kesepakatannya datang jam setengah 7. Setelah itu saya bergegas mengerjakan pekerjaan yang ada seperti mengerok buak melon mencairkan gula pasir dan mencampur semua bahan hingga menjadi es kuwud.
Setelah es kuwud jadi, mulai melakukan packing. yaitu mengemas es kuwud kedalam gelas plastik ukuran pop ice. Tapi tgas juga belum selesai, karena saya dan teman teman harus menyiapkan es Juss untuk persiapan jualan keliling.
Akhirnya waktu jualan pun tiba, disitu kita menemui kendala yaitu : saat pelanggan datang dan bertanya "mbak harganya berapa?" kami jawab 3000rupiah pak, apa yang terjadi? bapaknya gag jadi beli. dan kita rapatkan lagi, yang akhirnya membuat kita mengambil keputusan untuk menurunkan harga menjadi 2500rupiah. Pdahal perkiraan kami adalah, kami tidak akan dapat untuk melainkan hanya balik modal.
Perkiraan jauh sekali dengan hasil yang didapat. Karena semangat teman-teman, mental yang kuat, dan usaha yang sangat bagus, alhamdulilah dengan menjual :
  1. Satu gelas es kuwud  2.500
  2. Satu gelas jus mangga 4000
  3. Satu gelas jus apel 4000
  4. Satu gelas jus jambu 3000
  5. Satu gelas jus melon 3000
Dengan modal 160.000
Hasil yang diperoleh 349.500
jadi kita mendapat untung 189.5000 Alhamdulilah hirobbil'alamin, dari untung yang didapat ini kita ambil sebagian untuk infaq masjid :).
Alhamdulilah semua yang dilakukan untuk kepentingan bersama hasilnya lebih memuaskan, sungguh kebesaran dan nikmat yang diberikan Allah sangatlah luar biasa.

Terimakasih untuk teman teman yang membantu suksesnya acara kita, semoga kita dapat meraih sukses juga diacara selanjutnya. Amin

TAKBIR!!!!
ALLAHHU AKBAR!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites